Selasa, 17 Februari 2009

Istilah Tekhnologi Informasi


1.Blogger, yaitu penulis catatan harian di internet atau halaman web. Blogger ini merupakan pengguna internet yang rajin mengisi weblog.
2.Browsing, yaitu berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Untuk berselancar digunakan alat yang dikenal dengan sebuah istilah yang disebut dengan web browser.
3.Chatting, yaitu berdialog dengan sesama pengguna internet yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks maupun suara.
4. Digital, yaitu hasil dari teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi untuk ukuran bilangan 0 dan 1, untuk proses informasi yang mudah, cepat, dan akurat. Digital komputer adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, dan lain- lain.
5. Downloading, yaitu menyalin data dari server secara remote. Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
6. Email, yaitu singkatan dari elektronik media yang beranti pesan atau surat secara elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar yang dikirim dari satu alamat ke alamat lainya dari jaringan internet.
7. Friendster, dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams, yang berarti fasilitas untuk membuat jaringan pertemanan di dunia internet.
8. LAN, dari singkatan Local Area Network, yang berarti jaringan komputer yang sederhana.
9. Password, yang berarti kata sandi atau kode rahasia yang digunakan dalam jaringan PC.
10. Protocol, adalah aturan kombinasi antar alat. Pengertian lainnya yaitu kumpulan dari beberapa aturan yang berhubungan dari komunikasi data antara beberapa alat komunikasi supaya komunikasi data dapat dilakukan secara benar. Protocol adalah yang mengspesifikasikan secara detail bagaimana kumpulan berinteraksi termasuk di dalam format pesan yang mereka tukar dan bagaimana kesalahan ditangani.
11. Telekonferen, yaitu konferensi jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.
12. Transmitter adalah alat pemancar.
13. Server, yaitu komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan, menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputerlain yang terhubung dalam jaringan.
14. Spam, yang berarti pesan sampah yang tidak diinginkan masuk melalui email bisa berupa pesan yang tidak berarti atu iklan yang kurang berguna.
15. Website,yaitu kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak data animasi suara, atau gabungan dari semuanya yang bersifat statik maupun dinamik yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masimg - masing di hubungkan dengan jaringan - jaringan halaman.
16. WWW, yaitu sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dll. Dipresentasikan dalam bentuk hypertest dan dapat diakses melalui perangkat lunak yang disebut browser.
17. Hotspot, adalah wilayah terbatas yang dilayani oleh suatu sekumpulan Access Point. Access Point adalah sebuah signal penghubung yang mengoneksikan point yang satu dengan point yang lain.


0 komentar:

Posting Komentar